Pepaya Madu Honolulu Dari Pontianak

  • 7 min read

“Seperti untuk orang barat ya,” tutur seorang ibu seraya menunjuk setumpuk pepaya di anjungan Kalimantan Barat pada Indonesia Tropical Fruit Festival di Kuta, Bali. Pepaya Madu Tak seperti bangkok yang jumbo, pepaya asal Sungai selamat itu berukuran kecil.

Sebuah pas untuk dikonsumsi seorang. Semula Low Kim Siang penemunya memberi nama Honolulu untuk mendekatkan pada jenis Hawaii yang lebih dulu dikembangkan di sana. Namun, lantaran manis, ia justru lebih dikenal sebagai pepaya madu.

Tentang pepaya Madu

Pepaya madu memiliki kandungan air yang tinggi sehingga dapat membuat kulit Anda tetap lembab. Kandungan air pepaya madu juga dapat membantu memecahkan lemak yang menempel pada tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan yang terdapat pada pepaya madu dapat membantu memerangi radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit. Pepaya madu juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga dapat membantu memproduksi kolagen sehingga kulit tetap elastis.

Pepaya madu (Carica papaya) merupakan salah satu buah yang populer di Indonesia. Buah ini memiliki kandungan air yang tinggi dan kalori yang rendah. Pepaya madu memiliki rasa yang manis dan segar, serta memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Selain itu, pepaya madu juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Kandungan air yang tinggi pada bibit pepaya madu membuatnya lebih mudah dicerna oleh tubuh. Kandungan gizi yang baik pada bibit pepaya madu membuatnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain itu, daya tahan terhadap hama dan penyakit yang lebih baik membuat bibit pepaya madu lebih tahan lama.

Budidaya pepaya madu sangat mudah dan tidak memerlukan banyak biaya. Anda hanya perlu membeli tanah yang subur dan membuat bedengan yang cukup luas. Bedengan yang digunakan untuk budidaya pepaya madu sebaiknya memiliki kedalaman sekitar 30 cm. Anda juga perlu menyiram tanah secukupnya dan menyediakan pupuk kandang untuk tanaman ini.

Bibit Pepaya madu

Bibit pepaya madu merupakan bibit yang berasal dari hasil persilangan pepaya biasa dan pepaya manila. Pepaya madu memiliki kandungan air yang tinggi dan kandungan gizi yang baik. Selain itu, bibit pepaya madu memiliki daya tahan terhadap hama dan penyakit yang lebih baik dibandingkan dengan pepaya biasa.

Bibit pepaya madu merupakan bibit yang baik untuk ditanam di daerah tropis. Bibit pepaya madu memiliki daya tahan yang baik terhadap iklim tropis dan memiliki hasil panen yang lebih baik dibandingkan dengan bibit pepaya biasa. Bibit pepaya madu juga memiliki kemampuan untuk menahan serangan hama dan penyakit yang lebih baik dibandingkan dengan bibit pepaya biasa.

Tekstur Buah Dan Rasa

Pendatang baru itu kini sedang ngetop di Pontianak. Selain manis, bentuk dan warna buah cantik. Bentuk bulat lonjong mirip pepaya hawaii, tapi berukuran 2 kali lebih besar dengan pangkal gemuk. Itu mengingatkan pada eksotika, pepaya andalan Malaysia.

Kulit hijau bersemburat kuning, mulus, dan mengilap. Begitu dibelah terlihat daging berwarna j ingga dan padat. Pepaya jenis lain dengan ukuran sama paling hanya berbobot 300 g; madu 600 sampai 1.000 g.

Rasanya manis, agak kenyal, dan cukup berair. Rongga di bagian tengah dipenuhi biji-biji hitam. Pada buah berbentuk seperti mangga, rongga itu cuma seukuran jari telunjuk. Dengan kelebihan itu, tak heran bila ia cepat mendapat tempat di hati konsumen.

Perbedaan dengan pepaya biasa

Daging buah pepaya biasa biasanya berwarna jingga kemerahan. Daging buah pepaya ini berwarna jingga kekuningan. sedangkan buah Pepaya Madu Honolulu berukuran lebih kecil dan lebih gemuk dari pepaya lainnya. Pepaya Madu Honolulu memiliki kandungan gula 110 briks, lebih tinggi dari pepaya biasa.

Pepaya madu dan pepaya California adalah dua jenis pepaya yang populer di Indonesia. Kedua jenis pepaya ini memiliki beberapa perbedaan utama.

Pepaya madu biasanya lebih besar daripada pepaya California. Pepaya madu juga memiliki daging yang lebih lembut dan sedap. Pepaya madu juga kaya akan nutrisi seperti vitamin C, beta-karoten, dan kalium.

Pepaya California, di sisi lain, memiliki rasa yang lebih asam. Pepaya California juga kurang nutrisi daripada pepaya madu. Pepaya California biasanya digunakan dalam salad atau sebagai bahan untuk membuat jus.

Pepaya madu dan pepaya California memiliki beberapa perbedaan utama. Pepaya madu lebih besar, lebih lembut, dan sedap. Pepaya California lebih asam dan kurang nutrisi.

Berasal Dari Biji

[caption id=“attachment_8119” align=“aligncenter” width=“300”]pepaya madu panen perawatan kebun[/caption]

Carica papaya istimewa itu hasil seleksi Low Kim Siang, pekebun di Desa Sinatanhilir, Pontianak Utara, Pontianak. Semula salah seorang kerabat menanam biji beberapa pepaya yang dibeli dari pasar pada 1994. Lantaran tak terawat, tanaman tumbuh merana dan akan dimusnahkan. Untung saja Koh A Siang sapaan akrabnya datang berkunjung. Ia tertarik pada satu pohon yang berbuah seperti mangga raksasa si madu itu. Setelah dinikmati kelezatan dagingnya, biji-biji pun ditebar.

Tak sampai setahun, ayah 6 anak itu menuai hasil. Total 30 pohon yang ditanam pada 1996 digelayuti puluhan buah di sekujur batang. Penampilan dan rasa serupa dengan buah asal pohon induk.

Kerabat dan teman dekat mendapat kehormatan untuk icip-icip hasil panen perdana. Pepaya matang jadi buah meja, buah mengkal enak dinikmati sebagai teman minum kopi.

Iseng-iseng Low Kim Siang menjajakan sebagian hasil kebun ke pasar di seputaran Pontianak. Supaya keren dan mudah diingat, anggota famili Caricaceae itu dinamakan honolulu. Nama itu “membonceng” popularitas varietas hawaii yang sudah banyak di pasaran. Honolulu kan ibukota Hawaii. Namun, belakangan justru nama madu yang lebih melekat di benak konsumen.

Harga pepaya madu di pasaran sangat bervariasi, tergantung pada tempat dan musimnya dan karena itu, harganya cenderung lebih mahal daripada pepaya biasa. Pepaya madu juga sering dikenal sebagai pepaya merah karena warna buahnya yang cenderung lebih gelap daripada pepaya biasa.

Pepaya madu sering dijual sebagai buah segar di pasar-pasar tradisional. Harganya bervariasi tergantung pada ukuran dan kualitas buahnya. Pepaya madu yang lebih besar dan lebih manis biasanya akan lebih mahal

Biasanya Pembeli tak sungkan memborong meski harga jual relatif tinggi. Pada akhir Januari harga madu di tingkat konsumen Rp5.000 sampai Rp6.000 per kg. Hawaii, Rp2.000 sampai Rp3.000. Pepaya madu merupakan salah satu jenis pepaya yang memiliki rasa yang manis. Pepaya madu biasanya oleh para ibu rumah tangga untuk membuat jus, sirup, atau dibuat menjadi kue

Perawatan Dan manajemen Kebun Pepaya

Melihat respon positif, pengajar bahasa Inggris itu pun lalu memperluas penanaman. Sekarang di kebun seluas 2.700 m2 ada 550 tanaman berjarak 2,20 m x 2,80 m. Kebun berjarak 1,5 km dari Tugu Khatulistiwa itu mengingatkan pada lahan penanaman pepaya di Taiwan atau Cina. Pohon yang rata-rata berumur 5 tahun tidak tumbuh menjulang. Batangnya rebah ke arah timur dan meliuk-liuk di tanah seperti naga sepanjang 6 sampai 7 m.

Sejak dini tanaman memang sengaja direbahkan menggunakan kayu penahan. Itu untuk mempermudah perawatan dan panen. Lagipula supaya tanaman Pepaya Madu tak gampang roboh bila diterpa angin. Maklum lokasi penanaman di lahan gambut yang daya topangnya kurang baik.

Dari sana setiap bulan dituai 1,8 ton pepaya yang dipetik 2 sampai 3 kali seminggu. Dengan harga jual lebih tinggi, wajar bila beberapa pekebun di kawasan yang dikenal sebagai sentra lidah buaya dan pepaya hawaii itu mulai mengikuti jejak sang pelopor.

Pemanenan

Setelah 9-14 bulan sejak ditanam dari biji, Buah pepaya madu biasanya sudah bisa dipanen. Panen bisa dilakukan setiap sepuluh hari sekali.

Hasil Panen budidaya pepaya madu berkisar antara 20 hingga 35 ton per hektar. Kondisi iklim, varietas, dan teknik budidaya semuanya mempengaruhi tingkat produktivitas. Buah pepaya sebaiknya dipetik saat pohon sudah hampir matang.

Kulit buahnya memiliki garis kuning di atasnya sebagai ciri pembeda. Jika hasil panen akan dijual di lokasi yang jauh, maka sebaiknya dipanen lebih awal.

Buah Pepaya Madu Tahan Busuk

Kini tak melulu pasar Pontianak yang minta dipasok. Hypermarket Carrefour di Jakarta melayangkan permintaan 3 ton per pengiriman lantaran kepincut si madu usai gelar promosi buah-buahan Kalimantan Barat pada September tahun silam. Sayang karena produksi masih terbatas, baru 100 kg per minggu yang sanggup dikirim. Pemasaran Pepaya Madu ke Singapura dan Malaysia pengusaha dari 2 negeri jiran itu sudah antre menanti pasokan sebuah keniscayaan. Selain kualitas istimewa, pepaya madu tahan simpan karena berkulit relatif tebal. Di suhu kamar ia masih layak makan setelah 7 hari matang. Bila disimpan di lemari pendingin 1 bulan. (Anton Kamaruddin, SP, staf Subdin Hortikultura, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Kalimantan Barat)