Undang Bunga Kastuba di Lorong Gelap

  • 5 min read

Bunga Kastuba (Poinsettia) adalah pohon yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Pohon ini biasanya tumbuh menjadi pohon kecil dengan daun yang lebar dan berwarna hijau cerah. Pohon ini biasanya tumbuh menjadi pohon kecil dengan daun yang lebar dan berwarna hijau cerah dan Bunga poinsettia yang mekar biasanya berwarna merah, namun ada juga poinsettia dengan bunga berwarna kuning atau putih. Pohon poinsettia sering kali ditanam di pekarangan rumah atau di sekolah sebagai tanaman hias.

Pohon poinsettia biasanya mekar pada musim semi atau musim panas. Meksiko dan negara-negara di Amerika Tengah merupakan tempat asal pohon ini, namun sekarang telah ditanam di seluruh dunia. Pohon poinsettia dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan iklim tropis atau subtropis.

White snow bermandi bunga itu menghias lobi dan teras sebuah hotel di Jakarta. Bunga kastuba putih kehijauan terasa pas dengan nuansa Ramadhan. Penghujung tahun ini, giliran red star yang memenuhi lobi.

Pemanfaatan bunga kastuba yang meluas membuat Kebun Ciputri di Pasir Sarongge, Cianjur, harus bekeija cermat. Pesanan hari raya berupa tanaman 60 sampai 70 cm dipersiapkan 6 sampai 7 bulan sebelumnya agar bisa dipajang di lobi atau teras hotel. Ukuran medium ketinggian 40 sampai 60 cm mulai ditanam 5 bulan sebelum dipajang. Kastuba mini berukuran 20 sampai 30 cm, cukup dipersiapkan 3 bulan.

Bila jadwal penanaman dan program pembungaan meleset, perubahan warna tidak merata. Penampilan poinsettia, sebutan umum bunga kastuba jadi kurang menarik. Konsumen khususnya di daerah panas bakal kecewa, sehingga pesanan bakal melayang.

Bunga Kastuba Berubah Warna Menjadi Merah

Penyiraman tambahan diperlukan bila cuaca panas Perawatan kastuba merah dan cara untuk membungakan kastuba yang berwarna merah tidaklah susah, pilih induk sehat bebas hama dan penyakit. Pangkas beberapa cabang sepanjang 7 sampai 10 cm dan berdaun 4 sampai 6 lembar. Usahakan daun tidak rontok hingga tanaman kastuba beranjak dewasa.

Warna hijau tanaman kastuba menjadi pemanis ketika berkombinasi dengan pucuk baru yang berwarna merah, merah muda, atau kuning. Bila daun hijau rontok, tanaman diapkir. Celup pangkal setek di zat perangsang tumbuh, lalu tancapkan ke oases. Terakhir, tanam di pot berisi media sekam.

Menurut Sri Wahyuni, asisten manajer Kebun Ciputri, bila diletakkan di bak berisi air, daun tidak layu seperti bila ditanam di pot. Bibit dimasukkan ke kumbung plastik setinggi 60 cm. Tujuannya agar kelembapan tetap tinggi sehingga tanaman cepat berakar, yakni 2 minggu. Setelah 1 bulan, tanaman dipindahkan ke ruang pembesaran.

Habitat bunga kastuba di dataran tinggi yang kerap mendung menyebabkan tanaman cepat berbunga. Pembungaan itu harus ditunda hingga mencapai ukuran yang diinginkan. Caranya, gantung bohlam 20 watt di ketinggian 180 cm di atas tanaman. Jarak antar bohlam 2 m. Lama penyinaran cukup 2 jam. Dengan menambah cahaya, pertumbuhan vegetatif berlanjut.

Bunga Poinsettia Membutuhkan Ruang gelap

Bila ingin menghasilkan tanaman kastuba mini langsung ditanam di pot 8. Setelah itu masukkan dalam ruang gelap agar daun serempak berubah. Euphorbia pulcherrima yang menerima cahaya kurang dari 7 sampai 8 jam per hari, daun berubah merah atau kuning secara alami, tapi tidak seragam.

Ruang gelap itu berupa bedengan yang diberi sungkup plastik hitam tebal yang tidak tembus cahaya. Sungkup dipasang mulai pukul 16.00 hingga 07.00 keesokan hari. Masa penggelapan berkisar 1 sampai 2 bulan. Setelah itu tanaman kastuba siap dipajang.

Khusus untuk bunga kastuba medium dan jumbo, segera ganti pot ke ukuran 15 cm. Lantas pucuk crown of the andes sebutan masyarakat Peru dan Cili itu dipotes, terutama yang berubah warna dan berbunga. Pemangkasan dilakukan agar tanaman membentuk 3 sampai 5 cabang baru.

Semakin banyak cabang semakin baik. Setelah 2 bulan, tanaman siap dibungakan dengan memasukkannya dalam ruang gelap. Setelah sebagian besar daun mulai berubah warna, tanaman kastuba dikeluarkan dari penggelapan. Sekitar 1 sampai 2 bulan kemudian bunga kastuba berubah warna dan siap dipajang.

Untuk membuat tanaman kastuba berukuran jumbo, program pembesaran dilanjutkan. Caranya dengan pemangkasan kedua. Semua pucuk cabang dipotes. Seminggu kemudian terbentuk belasan cabang baru. Dua bulan berselang, tanaman siap dibungakan. Karantina sebulan lalu tanaman dikeluarkan dan siap dijual 2 sampai 4 minggu kemudian.

Harga Bunga Kastuba

Tanaman poinsettia sangat diminati peminat [tanaman hias](http://localhost/mitra/Tanaman Hias “tanaman hias”) terutama menjelang Natal, dan harga bunga kastuba mengalami kenaikan tahun ini karena epidemi Covid-19. para pembibit tanaman hias pun meningkatkan produksi pembibitan untuk poinsettia, kastuba merah menjadi yang paling populer musim ini. Karena permintaan yang meningkat pada awal Desember, harga bunga kastuba terus meningkat pada tahun ini.

Kondisi pertumbuhan

Poinsettia dapat dibudidayakan di dalam pot atau di area taman yang hangat. Tanaman kastuba membutuhkan sinar matahari penuh hingga setengah teduh. Karena cabang-cabangnya relatif mudah patah, perlindungan dari angin kencang diperlukan (perlu ditambahkan pemasangan net). Pertumbuhan yang sehat dan kuat akan didorong oleh tanah yang dikeringkan dengan baik yang dicampur dengan banyak kompos dan kotoran hewan yang sudah tua.

Poinsettia tumbuh subur dalam pot yang dapat dipindahkan ke lokasi terlindung di mana mereka dapat dihangatkan oleh matahari dan terlindung dari embun beku dan angin dingin di iklim yang lebih dingin. Selalu gunakan campuran pot berkualitas tinggi yang dikeringkan dengan baik dan pot yang pas dengan bola akar tanaman. Tanaman yang berukuran kecil tidak boleh ditempatkan di pot besar.

Hama dan Penyakit Yang Menyerang Tanaman Poinsettia

Kutu daun dan thrips terkadang terlihat pada poinsettia. hama ini dapat dikendalikan dengan pyrethrum, insektisida alami. Agas jamur (lalat hitam kecil) dalam campuran pot dapat menyebabkan kerusakan akar pada tanaman pot. Masukkan kembali tanaman ke dalam campuran pot segar berkualitas premium dari kantong yang baru dibeli jika insektisida organik yang dioleskan ke tanah tidak mengatasi masalah.